https://www.chuckgallagher.com/2016/09/13/the-banking-industry-and-cyber-ethics/

 Asslamualaikum, salam sejahtera bagi kita semua, hari ini perkuliahan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember, yang diampu oleh Bapak Prof. Drs. SLAMIN, M.Comp.Sc., Ph.D., membahas materi tentang “Cyber Ethick”.

Pengertian Cyber Ethic

 Cyber Ethic adalah aturan atau etika dalam menggunakan teknologi atau internet. Ini mencangkup pertimbangan tentang keamanan, privasi, kepemilikan intelektual, cyberbullying, dan tanggung jawab dalam penggunaan teknologi informasi. Dalam dunia maya etika siber membantu individu dan organisasi dalam mengambil tindakan yang benar atau salah dan mengatasi ketidaksesuaian etika yang muncul. Secara keseluruhan, tujuan utama dari adanya cyber ethic ini adalah untuk menciptakan lingkungan digital yang aman, beretika, dan bermanfaat bagi individu dan masyarakat.

Karakteristik dunia maya menurut Dysson (1994) meliputi:

– Beroperasi secara virtual/maya (tidak dilakukan secara fisik).

– Dunia cyber selalu berubah dengan cepat.

– Dunia maya tidak mengenal batas teritorial (tidak akan terasa jauh).

– Orang-orang yang hidup di dunia maya dapat melaksanakan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitas asli.

– Informasi di dalamnya bersifat publik.

APA SAJA ETIKA DALAM DUNIA MAYA?
  1.  Jangan menggangu privasi orang lain : seperti jangan mengunggah foto, vidio atau menyebarkan informasi pribadi tanpa meminta izin pada yang bersangkutan.
  2. Hormati kepemilikan intelektual : kita tidak boleh menyalin atau menyebarkan karya atau konten tanpa meminta izin kepada yang bersangkutan.
  3. Berbicara dengan sopan : Dalam menggunakan media sosial kita harus tetap menjaga kesopanan seperti forum atau mengirimkan email tidak boleh menggunakan bahasa kasar.
  4. Netiket :Ini mencangkup penggunaan huruf besar yang bijak (tidak seperti berteriak), menulis dalam huruf besar (itu menandakan kita sedang berteriak)
  5. Pentinya verifikasi informasi : jangan menyebarkan informasi yang bersifat hoax atau penipuan. selalu periksa sumber sebelum membagikannya
PENTINGNYA ETIKA DALAM DUNIA MAYA 
Beberapa diantaranya:
  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa, adat istiadat yang berbeda.
  2. Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitasasli dalam berinteraksi
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang bertindak tidak etis.
  4. harus diperlihatkan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya  “penghuni” baru di dunia maya tersebut.
BEBERAPA CONTOH PELANGGARAN CYBER ETHICS
  • Cyberbullying
  • Pelanggaran privasi
  • Plagiarisme online
  • Penyebaran informasi palsu atau hoax
 

Tinggalkan komentar

Sedang Tren

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai